Sunday, May 15, 2016

Test Ride All New Satria F150 Injeksi, Ayago Bertenaga Badak ! Sonic 150c ,Vixion 150c,CBR 150c. Lewat!!!!

Apa hubungan Ayago (ayam jago) dengan Badak ? Well, Nggak usah dibahas lah, Nggak nyambung juga… Itu cuma penggambaran bagaimana Performa All New Satria F150 Injeksi yang “berbadan” Ayago, Tapi “letupan tenaganya” Guedeee bak Badak siap nyeruduk ! Anyway, Ada yang udah pernah diseruduk badak ? Kalau belum, Bayangin aja deh sendiri… Atau kalau penasaran mau test seruduk juga boleh, wkwkwk #kidding. . .
Nah, Setelah kita bahas seputar Info Detail beserta Kelebihan & Kekurangan Fisik All New Suzuki Satria F150 Injeksi… Kali ini, Yuk kita bahas seputar bagian yang pastinya paling ditunggu oleh Bro & Sist sekalian, Yakni seputar Impresi Mesin & Performa Satria FU Injeksi Terbaru 2016 ini. . . Nggak usah kelamaan lagi, Langsung aja yuk kita bahas, Cekdiot !!

Impresi Mesin All New Satria F150 Injeksi


All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Namanya juga Blogger, Nggak seru rasanya kalo nggak “usil” ke mesin terbaru yang katanya sih superpower ini… Wkwkwk. . . So, Bareng Mang Vandra MMBlog & Wak Haji Taufik TMCBlog, EA’s Blog sempat geber-geber All New Satria F150 Injeksi sampai redline – yang ternyata sempat bikin geleng-geleng juga. . . Gimana nggak, Ini motor termasukbrutal juga euy, buat ukuran mesin 150 cc standar “masa kini” ! Nggak terasa pengiritan redline, Nggak ada lagi limit sana-sini, Nggak ditemui juga batuk-batuk di 10.000 RPM… Mesin ini bakal membahagiakan karakter “purist” seperti EA’s Blog, yang demen motor berkarakter RPM Tinggi dengan power yang meledak-ledak di kitiran atas. . . Trust me !
Putaran mesin dari 5.000 – 7.000 RPM masih terasa sangat rileks ! Serasa bawa motor lagi nyantai sambil ngupil pakai satu tangan… Getaran baru agak terasa di 8.000 RPM, dan terus naik ke 10.000 RPM tanpa ada gejala batuk-batuk nggak jelas ! Lewat dari Redline di 11.500 RPM, Kemudian terus naik hingga mentok di 13.000 RPM ! You know whatItu tandanya grafik bar di RPM-Meter All New Satria F150 Injeksi mentok sementok-mentoknya !! Kebayang kan kalau ganti ECU Racing dengan limiter yang lebih tinggi ?? Mungkin speedometernya bakal ngamuk dan menuliskan “Woy Bro, Udah Mentok Woyy !!“,wakakakak. . . Intinya, Karakter Mesinnya Gokil !! Sekali lagi, Cocok buat para “Purist” layaknya EA’s Blog, ataupun mantan user DOHC Overbore yang pernah “dikecewakan“. . .


Suara mesin All New Satria F150 Injeksi saat idle dan digeber gimana tuh Kang Eno ? Senyap ! Super Smooth khas trah mesin DOHC Overbore, plus Liquid-Cooled. . . Malah, Knalpotnya tuh yang rada “bawel“, Alias suaranya rada “garing-garing-cempreng” gitu deh… Udah mah knalpotnya nggak dichrome, Cempreng pula ! wkwkwk😀
Kalau dibanding Impresi Mesin New Sonic 150R, Gimana Kang Eno ? Jelas, Sonic 150R cuma unggul di lebih senyap saja… Getaran di Sonic sudah terasa di 6.000 RPM dan terasa ada “limit” yang menahan di redline nya yang cuma 9.500 RPM. . . Itu berarti, Mesin All New Satria F150 Injeksi (dalam kondisi standar) berada sekelas diatas sang Kompetitor. . .


Feeling Ergonomi & Starter All New Suzuki Satria F150 Injeksi



All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Naik ke atas motornya, Lho koq berasa seperti naik Satria ?? Dan saya pun lupa kalau yang lagi dinaiki memang adalah Satria F150… Hanya saja, Ini yang versi Injeksi. . . Artinya, Ergonomi All New  Satria F150 Injeksi ini nggak banyak berubah koq dibanding edisi lawas, Masih khas dengan karakter Ayago nya yang agak nunduk & sporty buat yang berpostur layaknya EA’s Blog (175 cm, “Up to” 80 Kg). . . Setangnya enteng, Motornya juga ringan banget buat digoyang kiri-kanan… Bak penyanyi dangdut yang dapet saweran duit 100 ribuan, Digoyang sampe pagi, Hobbaahh !! Wkwkwkwk. . .
Setangnya, Footstepnya, Ergonominya, Feelnya, Seperti biasa, Terasa ciamik untuk digunakan sehari-hari di perkotaan yang kepadatannya luar biasa… Tapi, Mau dipakai sedikit “ngalay” saat jalanan sepi juga mantep koq ! Nggak se-nyusahin bawa ZED si Kawasaki Z250SL misalnya, Yang meskipun lincah, Tapi tetap terasa agak berat (148 Kg) dan ergonominya terlalu sporty. . . Multifungsi lah pokoknya, Khas trah Klan Ayago yang asiknya, Tak dihilangkan dari All New Satria F150 Injeksi. . .

Putar kunci kontak ke posisi On, Sapaan “FU 150 Ready” pun menyapa… Sekali pijit elektrik starter, Mesin langsung nyala euy ! Dengan deburan suara knalpot rada garing yang menyapa telinga. . . Oiya, EA’s Blog sempat tes juga koq Kick Starter All New Satria F150 Injeksi ini… Dan ternyata kompresi mesin yang rada tinggi itu, berpengaruh juga ke “starter engkol” nya yang memang jadi agak berat. . . Seberat apa ? Yang jelas, Nggak terlalu nyusahin kayak kick-starter moge jadul koq… Masih bisa ditoleransi intinya, Hanya sedikit lebih berat aja. . . Kalau ada Fansboy Suzuki yang berkata : Yaelah, Kan sudah ada elektrik starter yang tipe 1-Push itu Kang Eno ?? Ya terserah sih, Saya cuma penasaran aja koq. . .


Tes Performa All New Satria F150 Injeksi !



All New Suzuki Satria F150 Injeksi 19

Oke, Sampailah kita ke sesi pamungkas, Yaitu Tes Performa All New Suzuki Satria F150 Injeksi yang diklaim punya Power terbesar diantara motor 150 cc… Pertanyaan nya :Benarkah demikian Kang Eno ??
Saya berani bilang YA ! Jika kita tidak menyertakan motor 150 cc 2-Tak & 150 cc 4-Tak dari masa lalu layaknya Sang Kakak, Suzuki FXR150… Masuk gear 1, dan putar sedikit throttlenya, Power yang sangat smooth namun terus “ngisi” menyapa adrenalin EA’s Blog. . . Performa saat digeber gear 1-2-3-4 sungguh terasa luar biasa untuk ukuran motor 150 cc… Sahut-sahutan power antar gearnya mantap, Terus ngisi tanpa ada indikasi power drop ! 100 – 110 Km/h ?? Cuma sampai gigi 3 naik ke 4 malahan. . . Topspeednya dapet berapa Kang Eno ? Kalau yang saya lihat di speedometer saat straight Sentul, Tembus 136 Km/h dengan sangat mudah di gear 5 (Maaf, Saya belum punya gopro euy, Aku mah apa atuh) ! Sayang, Gigi 6 nya sepertinya cuma digunakan sebagai penyetabil RPM semata (baca : overdrive)… Power yang sesungguhnya keluar maksimal di gear 5. . . Feelingnya :Warning, Bikin Ketagihan Nyentulll !!


Tapi, Itu kan di Sirkuit Kang Eno, Gimana sih kira-kira kalau powernya kita “terjemahkan” ke jalan raya ?? Nah tenang, Di beberapa spot EA’s Blog sempat mencoba keluar masuk tikungan menggunakan gear 3 (yang harusnya drop ke gigi 2) dengan speed yang cukup rendah sekitar 40-50 Km/h, Gimana hasilnya ?? Gokil ! Ini motor bener-bener cuma terasa sedikit “ngeden” nya euy, Begitu RPM lewat 5000 (cuma sepersekian detik), Power langsung ngisi lagi seperti semula… Padahal bagi yang sering bawa motor berpiston gambot dengan stroke mungil mungkin sudah paham, Disinilah “penyakit bawaan” Mesin Overbore standar. . . Saya langsung terbayang bagaimana asiknya All New Satria F150 Injeksi ini saat gantung RPM di gear 2, Kemudian langsung gaspoll sampai Redline ! Wah, Pasti “feel” nya beneran asik banget deh tuh euy. . . Seandainya dibikin sport #huftt
Kalau dibanding ZED (Kawasaki Z250SL) gimana tuh Kang Eno ? Kan Power to Weight Ratio nya si Satria termasuk oke buat nandingin si ZED ?? Wah, Jauh Bro-Sist ! Jangan dibandingkan dengan ZED yang punya akselerasi & torsi tingkat tinggi, Meskipun harganya kini cuma 30 jutaan – Cuma pakai gear 1-2-3 pun dijamin Satria FU Injeksi sudah melambaikan tangan ke kamera (Asal nggak ketemu macet aja), wkwkwk. . . Kalau mau bandingkan, Tuh dengan Naked / Sportbike 150 cc yang harganya 30 Jutaan. . . Dibanding sportbike yang mendapat respect besar dari EA’s Blog karena karakter powernya yang mantap (Honda CBR150R K45), All New Satria F150 Injeksi bahkan masih unggul !! Sekarang sudah kebayang kan, Betapa asiknya performa ayago 150 cc yang satu ini ??



Well. . . Tuntaslah sudah pembahasan EA’s Blog tentang All New Suzuki Satria F150 Injeksi yang baru saja dirilis – Meskipun bocorannya sudah ada sejak lama. . . Kesimpulannya, Jika Brosist memang punya karakter berjiwa muda yang “speed-freak“, Serta Ingin motor 4-Tak dengan harga terjangkau plus angka Power-to-Price yang menggiurkan & Kualitas-Finishing-Detail yang mumpuni, Maka Satria FU Injeksi boleh dimasukkan ke list Recommended Bike ala EA’s Blog… Menggantikan CBR K45A yang sebelumnya masuk di list ini, Namun sayangnya sesaat lagi Discontinue. . . Tapi bila Bro-Sist sudah cukup berumur dan punya sakit pinggang yang nggak bisa ditolerir, Maka nggak ada salahnya menunggu kehadiran Sport 150 cc berbasis Satria Injeksi dari Suzuki. . . #NgomporinSuzuki ðŸ˜›

Previous Post
Next Post

0 Comments: