Saturday, April 30, 2016

Berikut bahan alami sebagai obat keputihan

Keputihan yang tidak normal dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak menyenangkan bahkan membahayakan, seperti gatal pada daerah kewanitaan, bau yang tidak sedap, dapat menyebabkan kista dan kanker serviks, bahkan dapat menyebabkan kematian. Keputihan yang normal biasanya terjadi pada masa subur wanita, cirinya adalah tidak gatal dan tidak berbau.
Sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya menimbulkan bau, rasa gatal dan rasa tidak nyaman di sekitar daerah kewanitaan. Keputihan semacam itu bisa disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk di daerah vagina atau karena infeksi pada vagina.
Jika dibiarkan terus menerus, akan menimbulkan masalah yang serius pada wanita. Karena itulah, keputihan yang tidak normal harus segera diobati. Sebelum membeli obat-obatan pabrik, ada baiknya Anda memanfaatkan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai obat untuk keputihan, seperti yang akan dibahas berikut ini.
Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung banyak vitamin C dan E, 18 jenis asam amino, mineral, enzim, karbohidrat, dan hormon. Karena kandungan gizinya tersebut, lidah buaya sangat baik dimanfaatkan sebagai antioksidan alami terutama bagi daerah kewanitaan seorang wanita.

Lidah buaya mengandung antiseptik, antivirus, dan antibakteri sehingga sangat membantu dalam membunuh kuman, mengatasi infeksi, meredakan peradangan, dan mengurangi bengkak. Karena kandungan antiseptiknya, lidah buaya juga terkenal efektif dalam mengatasi masalah keputihan kaum wanita.
Untuk mengatasi keputihan, lidah buaya dapat dikonsumsi atau dibasuhkan pada daerah kewanitaan. Untuk diminum, caranya adalah dengan mengambil daging lidah buaya, kemudian hancurkan dengan diblender, lalu rebus lidah buaya tersebut. Minumlah rebusan lidah buaya tersebut selagi hangat secara rutin dua kali dalam sehari.
Apabila Anda tidak suka meminumnya, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk membasuh vagina. Caranya adalah dengan kupas lidah buaya, ambil dagingnya saja. Hancurkan daging lidah buaya, kemudian Anda bisa mencampurkannya dengan daun sambiloto dan daun sirih, kemudian rebus hingga mendidih. Biarkan beberapa saat hingga hangat, kemudian basuhlah ke daerah vagina Anda.
Biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan handuk basah. Anda bisa melakukan kegiatan ini rutin sehari sekali untuk mendapat hasil yang diinginkan. Lidah buaya sangat efektif dijadikan sebagai obat untuk keputihan jika Anda rajin mengkonsumsi maupun membasuhkannya pada bagian vagina.
Daun Sirih

Daun sirih terkenal sebagai salah satu obat untuk keputihan yang efektif karena mengandung antiseptik yang bisa membunuh kuman di daerah kewanitaan. Daun sirih juga mempunyai kandungan lain seperti minyak atsiri, pati, gula, diatase, seskuiterpen, zat samak dan kavikol, antioksidan dan antijamur yang bermanfaat dalam mengatasi keputihan wanita. Salah satu jenis daun sirih yang bisa digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi keputihan adalah daun sirih merah. Daun sirih merah memang sudah lama dikenal dapat mengatasi masalah wanita yang satu ini dibanding daun sirih hijau.

Untuk membuat daun sirih sebagai ramuan yang bisa mengurangi keputihan wanita, caranya sangat mudah. Pertama ambil 10 lembar daun sirih merah atau hijau, kemudian cuci dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, panaskan air sebanyak 2 liter hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan daun sirih tadi ke dalamnya, dan rebus selama 3 sampai 5 menit saja. Diamkan beberapa menit air rebusan daun sirih hingga hangat, kemudian gunakanlah untuk membasuh daerah kewanitaan Anda.
Jika keputihan Anda cukup parah, lakukan hal ini secara rutin setiap hari hingga masalah teratasi atau setidaknya berkurang. Apabila sudah mulai berkurang, lakukan seminggu sekali saja. Jangan terlalu sering membasuh vagina dengan ramuan daun sirih karena hal ini juga akan memberikan dampak yang tidak terlalu baik bagi organ intim Anda. Daerah kewanitaan memiliki jenis bakteri tertentu yang berfungsi dalam menjaga keseimbangan pH vagina.
Apabila terlalu sering dibasuh air daun sirih, bakteri tersebut dapat terganggu atau mati sehingga nantinya pH vagina akan terlalu asam, dan hal tersebut tidak baik bagi kesehatan daerah intim Anda. Sebaiknya hindari pemakaian sabun atau cairan apa pun yang mengandung ekstrak daun sirih yang dijual di pasaran.
Biasanya sabun-sabun tersebut justru memberikan efek gatal atau tidak nyaman pada daerah kewanitaan. Jika memang ingin menggunakan daun sirih, buatlah sendiri ramuan daun sirih sebagai obat untuk keputihan tersebut demi keamanan dan kesehatan vagina.
Kunyit Putih

Kunyit merupakan jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Salah satu dari manfaat kunyit putih yang dikenal cukup ampuh adalah untuk mengatasi keputihan. Kandungan curcuminoid atau curcuma dalam kunyit inilah yang ternyata ampuh dalam mengatasi peradangan pada organ wanita seperti keputihan.

Bahkan selain ampuh mengobati keputihan, kunyit juga berkhasiat untuk menghilangkan bau tak sedap di sekitar organ intim wanita, membersihkan kandungan pasca melahirkan, mengurangi nyeri saat haid, menguatkan kembali otot vagina setelah melahirkan, menyembuhkan peradangan pada vagina yang disebabkan karena jamur atau bakteri.
Kunyit putih dapat dijadikan sebagai obat luar maupun dalam untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita. Untuk obat luar, Anda cukup dengan mengiris tipis-tipis kunyit putih, kemudian rebus di dalam air hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan beberapa menit hingga air menjadi hangat. Kemudian basuhlah daerah kewanitaan dengan air tersebut. Lakukan kegiatan ini rutin pagi dan sore hari atau 3 kali dalam sehari sampai keputihan benar-benar sembuh.
Kunyit putih juga bisa dijadikan sebagai obat untuk keputihan dengan cara diminum. Caranya adalah kupas kunyit sebanyak 1 ruas jari, kemudian diparut. Tambahkan dengan cairan asam jawa dan gula aren atau gula jawa atau madu, gunanya untuk menetralisir rasa kunyit, aduk hingga merata. Jika sudah merata, masukkan larutan campuran tadi ke dalam kain bersih kemudian peras hingga didapat sari-sarinya. Minumlah 1 gelas air perasan tadi secara rutin dua kali dalam sehari sampai keputihan Anda sembuh.
Delima

Kulit buah delima juga mempunyai khasiat dalam menyembuhkan keputihan pada daerah kewanitaan. Kandungan alkaloid dan flavonoid pada kulit buah delima memiliki fungsi sebagai antimikroba terhadap salah satu jamur penyebab keputihan yaitu Candida albicans. Seperti obat herbal lainnya, delima dapat diminum maupun digunakan untuk mencuci vagina dalam mengatasi masalah keputihan.

Caranya adalah dengan merebus kulit delima yang kering sebanyak 30 gram dalam 600 cc air. Anda juga bisa menambahkannya dengan 15 gram sambiloto kering, rebus hingga airnya menjadi separuh atau 300 cc. Saring cairan tersebut dan diamkan selama beberapa saat hingga hangat. Minumlah ramuan ini secara rutin dua kali sehari atau gunakan cairan tersebut untuk mencuci daerah kewanitaan Anda maka Anda akan terhindar dari keputihan. semoga artikel ini bermanfaat . #edukasikamu#
Previous Post
Next Post

0 Comments: