Saturday, April 30, 2016

Tips Mengatasi Insomnia Dengan Bahan Alami


Tips Mengatasi Insomnia Dengan Bahan Alami – Insomnia merupakan suatu kelainan dalam tidur yang di tandai dengan kesulitan untuk tidur atau mempertahankan waktu tidur sesuai dengan yang di butuhkan.
Banyak hal yang menyebabkan insomnia seperti stress, adanya penyakit maupun karena efek obat-obatan.

Jenis Insomnia.

Insomnia di bedakan menjadi dua yaitu insomnia akut (jangka pendek) dan insomnia kronis (jangka panjang).
  1. Insomnia akut (jangka pendek).
Merupakan jenis insomnia yang berlangsung pada waktu yang singkat. Insomnia akut di sebabkan oleh masalah psikis seperti stress masalah pekerjaan, masalah rumah tangga maupun karena masalah traumatis yang lain (misal habis mendengar ledakan bom). Insomnia akut biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.
2. Insomnia kronis (jangka panjang).
Merupakan jenis insomnia yang berlangsung dalam waktu yang lama bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Insomnia kronis di bedakan menjadi dua yakni insomnia primer dan insomnia sekunder.
Insomnia primer biasanya di sebabkan karena masalah psikis seperti stress berkepanjangan. Sementara insomnia sekunder lebih banyak di sebabkan karena efek samping dari suatu masalah kesehatan seperti akibat pengaruh obat-obatan yang di konsumsi dalam jangka panjang.

Bahan alami untuk mengatasi Insomnia

Jika Anda mengalami hal ini jangan buru-buru mengambil obat tidur untuk mengatasi insomnia. Obat tidur justru mempengaruhi produksi hormon tubuh Anda dan membuat kecanduan. Sebaiknya Anda coba bahan-bahan alami berikut ini untuk mengatasi atau paling tidak meringankan insomnia.
1. Pisang
Buah yang satu ini memang banyak manfaat. Salah satu manfaat pisang adalah dapat meringankan insomnia. Pisang mengandung magnesium yang dapat membuat otot relaks sehingga dapat membuat Anda lebih mudah terlelap.
Untuk membuat efeknya lebih besar makanlah buah pisang dua jam sebelum jam tidur.
2. Kacang Almond
Seperti pisang, kacang almond juga mengandung magnesium yang dapat membuat otot relaks di tambah dengan kandungan tripofan yang dapat membuat tubuh Anda tenang. Selain itu kacang almond juga dapat menurunkan tekanan gula darah lho.
3. Anggur
Selain mengandung magnesium, anggur juga mengandung kalium. Makanlah anggur beberapa jam sebelum tidur.
4. Cherry
Buah cherry mengandung suatu bahan yang di sebut melatonin. Melatonin sendiri merupakan hormon yang berguna mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Selain berfungsi mencegah kanker melatonin juga dapat meningkatkan kualitas tidur.
Dengan kandungan melatonin yang tinggi buah cherry sangat cocok untuk di konsumsi Anda yang mengalami kesulitan dalam tidur.
5. Susu Hangat
Saat kecil Anda akan di suruh oleh ibu atau nenek Anda untuk menghabiskan segelas susu hangat sebelum tidur. Pada usia dewasa Anda sebaiknya Anda tidak meninggalkan kebiasaan ini.
Dalam susu mengandung tripofan yang tinggi yang dapat memicu produksi serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh menjadi lebih relaks sehingga tidur lebih nyenyak. Selain itu susu juga tinggi kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang Anda.
6. Madu
Madu merupakan bahan yang kaya akan sejuta manfaat. Mulai dari menurunkan kadar gula darah, memperbaiki fungsi hati dan ginjal, menambah stamina hingga meningkatkan kualitas tidur.
Menurut penelitian madu dapat meningkatkan produksi dan penyimpanan glikogen dalam hati. Pasokan glikogen yang cukup sangat penting karena saat jumlah glikogen di bawah kebutuhan maka tubuh akan menghasilkan hormon stress seperti kortisol dan adrenalin yang dapat mengganggu tidur Anda.
Langkah terbaik untuk mengatasi insomnia adalah dengan melakukan pola hidup sehat seperti olah raga teratur, tidak merokok dan minum alkohol serta hindari perilaku yang dapat menimbulkan stress.
Oh iya, untuk menjaga tidur malam Anda coba matikan lampu saat Anda tidur. Hal ini dapat meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu produksi melatonin yang cukup juga berperan dalam mencegah terbentuknya sell kanker.
Previous Post
Next Post

0 Comments: