Saturday, April 16, 2016

Metode Mengganti Ukuran Pelek Sepeda Motor


Sepeda motor memiliki banyak komponen penting, salah satu di antaranya adalah pelek dan ban. Kedua komponen ini juga sangat mempengaruhi keselamatan pengendara dalam berkendara. Oleh karenanya, memilih ukuran pelek harus sesuai dengan ban, begitu juga sebaliknya.
Umumnya pabrikan menciptakan ban dan pelek sesuai dengan bentuk motor. Untuk itu tidak dianjurkan untuk mengganti pelek dan ban di luar ukuran atau lebih kecil dari yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.
Perlu diketahui, mengganti pelek ukuran kecil berarti mengganti ban yang juga berukuran kecil. Hal ini juga memberikan efek negatif saat berkendara. Lalu apa saja dampak yang ditimbulkan jika pemilik motor mengganti ukuran pelek atau ban jauh dari ukuran standar pabrik?
Dikutip dari Okezone, Ade Rahman, Assistant Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda di Jawa Barat mengatakan, penggunaan pelek dan ban kecil atau cacing dapat menyebabkan kurang stabilnya kendaraan saat digunakan, khususnya ketika berbelok atau dipacu dalam kecepatan tinggi. Ban kecil juga kurang bisa menahan berat pengendara secara maksimal. Selain kurang stabil saat dikendara, motor yang memakai roda kecil sangat sulit dikendalikan saat melintas jalan basah.
“Pada dasarnya ban motor berfungsi mengendalikan laju sepeda motor. Roda depan berfungsi untuk membelah debu atau air ketika kondisi hujan atau jalan basah dan roda belakang berfungsi untuk mencengkram jalan atau meneruskan tenaga dari mesin. Sehingga penggunaan ban kecil atau modifikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan menyebabkan fungsi dasar dari ban akan sangat berkurang dan berisiko terhadap keselamatan berkendara. Selain itu performa dari sepeda motor akan berkurang,” ujar Ade.
Ade menambahkan, jika ingin mengubah ukuran ban, pemilik motor dapat upgrade sedikit ke ukuran yang lebih besar. Misalnya, dari ukuran 90/80 menjadi 100/80 atau 100/70. Dengan demikian perbandingan antara tinggi dan lebar ban tidak terlalu jauh. Selain itu performa dan keamanan selama berkendara masih terjaga.

Previous Post
Next Post

0 Comments: